Rapat Kerja HMJ Periode 2017

RAPAT KERJA HMJ PERIODE 2017

Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya adalah badan eksekutif organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan sebagai pelaksana program kerja kegiatan kemahasiswaan sesuai bidang ilmu yang ada yaitu ilmu fisika yang juga sebagai subsistem kelembagaan non-struktural tingkat fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dengan status tersebut maka
salah satu bentuk kegiatan sebagai representasi dan keberadaan Jurusan Fisika dan optimalisasi peran dan fungsi HMJ Fisika sebagaimana tersebut diatas adalah Rapat Kerja (RAKER) HMJ Fisika yang akan dijadikan sebagai langkah awal dalam penentuan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan. Pada awal kepengurusan HMJ Fisika tahun 2017 ini telah dibentuk kabinet kepemimpinan yang baru yaitu kabinet “Gerigi” yang akan menggantikan kepengurusan kabinet sebelumnya. “Gerigi” sendiri memberikan makna kepada HMJ Fisika bahwa HMJ Fisika dalam menjalankan tugasnya haruslah saling bersinergi dan berkoordinasi dengan baik seperti halnya gerigi yang akan terus berputar menuju tujuannya. Tanpa sebuah koordinasi dan kurangnya sinergi antar gerigi satu dengan yang lain maka HMJ hanya akan menjadi gerigi yang mati tak berfungsi. Dalam periode ini kekuatan spiritual yang diusahakan adalah spiritualitas mental islami dan intelektualitas menghadapi abad millennial. Kegiatan Rapat Kerja HMJ Fisika ini dimaksudkan untuk membentuk program-program kerja HMJ Fisika selama satu tahun kepengurusan 2017. Diharapkan selama periode kepengurusan HMJ Fisika 2017 akan tercipta berbagai kegiatan yang bermanfaat tidak hanya dalam lingkup mahasiswa tetapi juga masyarakat luas. Serta diharapkan untuk kepengurusan HMJ Fisika 2017 ini, dapat meningkatkan program kerja dari pada tahun 2016 yang lalu. HMJ Fisika memiliki fungsi sebagai wadah dalam mengembangkan potensi dan kualitas mahasiswa fisika agar mampu berfikir kreatif, inovatif, dan professional dengan semangat kekeluargaan.

Rapat Kerja HMJ Fisika dilaksanakan pada Jumat tanggal 17 Maret 2017 sampai Minggu tanggal 19 Maret 2017 di ruang C30301. Acara pembukaan dimulai   pada pukul Acara diawali dengan pelantunan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta raker dan dosen yang hadir, disusul dengan sambutan dari Bapak Z.A. Imam Supardi  selaku ketua jurusan dan saudara Ismail Hasan selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika periode 2017. Hal ini disambut antusias oleh peserta raker yaitu anak-anak HMJ Fisika itu sendiri, karena Bapak Z.A. Imam Supardi memberikan banyak motivasi yang dapat meningkatkan semangat anak-anak HMJ Fisika dalam memajukan HMJ Fisika dibidang akademik maupun non akademik dan memberikan  kritik, saran, dan masukan untuk program kerja HMJ kedepannya berdasar evaluasi program kerja HMJ sebelumnya. Selain dihadiri oleh Ketua Jurusan, Rapat Kerja HMJ Fisika juga mengundang DPM serta DPO (Dewan Pengawas Organisasi) yang akan membantu memecahkan solusi dan mengawasi jalannya kegiatan Rapat Kerja ini. Kegiatan Raker berjalan dengan lancar dan kondusif. Rapat ini dipimpin oleh saudara Ismail Hasan. Rapat diawali dengan pembacaan peraturan  GBHK, MEKOR, dan REKOM. kegiatan dilanjutkan hingga malam, membahas satu demi satu program kerja per departemen. Pembahasan tentang program kerja lama maupun program kerja baru, serta pembahasan agenda di salah satu departemen. Selama 3 hari 2 malam, kegiatan Raker HMJ Fisika ini menambah keakraban di tiap anggota dalam satu departemen, antar departemen dan BPH. Antara angkatan 2015 dan juga angkatan 2016. Kegiatan ini diakhiri dengan acara tasyakuran pada hari minggu tanggal 19 Maret 2017 dalam rangka telah dilantiknya ketua HMJ Fisika 2017 yaitu Ismail Hasan dan wakil ketua HMJ Fisika 2017 Rahmad Alvian Afandi . Kami selaku kepengurusan HMJ Fisika 2017 berharap dengan pergantian kahima dan wakahima yang baru ini dapat lebih meningkatkan program kerja tiap departemen dan dapat memajukan HMJ Fisika dalam bidang akademik dan non-akademik. Dan semoga kepengurusan HMJ yang baru ini bias lebih baik kinerjanya dari periode periode sebelumnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *